Headlines News :
Home » , » Lagi, Kepulauan Seribu Jadi Tujuan Wisata Internasional

Lagi, Kepulauan Seribu Jadi Tujuan Wisata Internasional

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 13.57

Potensi alam bahari Kepulauan Seribu kini mulai menjadi perhatian dunia. Selangkah lagi, wilayah Jakarta kepulauan ini menjadi tempat tujuan para wisatawan mancanegara dalam event pariwisata berskala internaisonal yakni The Thousand Island Cruises dan event pariwisata nasional yang telah menjadi agenda wisata dunia yakni Perhelatan lomba perahu layar (yacht rally) Sail Morotai 2012.

The Thaousand Island Cruises atau konvoi kapal pesiar dari dari Singapure dan Malaysia akan mulai digelar oktober mendatang. Sekitar 25 kapal mewah itu akan berlayar dari Pelabuhan di Singapura menuju Kepulauan Seribu dengan terlebih dahulu singgah ke Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Seperti yang diungkapkan Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi, Kepulauan Seribu dipilih menjadi tujuan akhir dalam konvoi kapal pesiar dari negara tetangga dalam event pariwisata bertajuk The Thaousand Island Cruises. "Kapal-kapal itu akan lego jangkar di sekitar perairan Pulau Pramuka, mereka (pemilik kapal) akan mengunjungi pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu," ujarnya.

Menyambut itu, bupati mengaku telah mempersiapkan secara dini. Karena event yang diagendakan akan berlasung tiap tahun ini berdampak positif untuk perkembangan pariwisata bahari di Kepulauan Seribu. "Ini pengakuan bahwa Kepulauan Seribu memiliki potensi besar dibidang wisata bahari, karenanya kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin," kata bupati.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu Suwarto menambahkan, selain event The Thaousand Island Cruises, tahun ini juga Kepulauan Seribu akan menjadi salah satu lokasi jalur perhelatan lomba perahu layar internasional dalam kegiatan pariwisata Sail Morotai 2012. "Kita siapkan segala potensi yang ada agar event itu mejadi barometer keberhasilan Kepulauan Seribu dalam pengembangan wisata," jelasnya.

Saat ini, sambung Kasudin, aktifitas wisata pulau-pulau resort melai menggeliat seiring dengan melonjaknya jumlah kunjungan wisata pulau pemukiman. Kegigihan masyarkat Kepulauan Seribu dalam mempromosikan wisata pemukiman berdampak nyata. "Pengunjung semakin meningkat, masyarakat memiliki peranan penting dan itu menjadi cambuk pemerintah dalam melakukan pembinaan secara berkala," kata Suwarto.

Tak lepas dari itu, Suwarto mengatakan, Pemerintah Kabupaten akan terus berupaya meningkatkan fasilitas wisata di pulau-pulau pemukiman yang kini menjadi primadona di Kepulauan Seribu, seperti Kawasan Wisata Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Pantai Arsya di Pulau Untung Jawa, Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari, Taman Ekosistem di Pulau Pramuka, dan yang saat ini sedang berkembang wisata bahari di Pulau harapan.

Melalui media brosur dan publikasi secara intens, Pemerintah Kabupaten juga menggalakkan promosi wisata untuk pulau-pulau reseor yang sebelumnya sulit berkembang. Para manajemen pulau resort diajak duduk bersama dalam meningkatkan promosi wisata. "Kita terus bangun kerjasama dan koordinasi untuk terus berusaha mewujudakan tergate 1 juta pengunjung di Kepulauan Seribu," tandasnya. (beritapulauseribu.com)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Berita Pulau Seribu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah